Ikut Membangun

Banyak Jalan Rusak Belum Diperbaiki, Hasil Pertanian Susah Dipasarkan

Inderalaya — Miris, banyak jalan rusak dimana mana, seperti jalan provinsi kerusakan terdapat di jalan yang melintasi Kabupaten Ogan Ilir (OI) antara lain Kecamatan Muarakuang, provinsi ruas Tanjung Raja melintasi Kecamatan Lubuk Keliat, Kecamatan Muarakuang hingga ke perbatasan Desa Munggu-Desa Sukapindah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Kondisi jalan berlubang, kedalaman 50cm hampir setiap 100meter jalan rusak berlubang. Pantauan Bp, di sepanjang jalan provinsi ruas Muara Meranjat hingga ke perbatasan Kabupaten Muara Enim, kerusakan cukup parah terjadi di beberapa lokasi diantaranya diwilayah Desa Srikembang-Muarakuang berlubang sehingga pengemudi tidak nyaman berkendara.

Sedangkan jalan provinsi Tanjung Raja hingga ke perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, kerusakan cukup parah terjadi diwilayah desa Lubuk Keliat, Kelampadu, Kemambang, Nagasari, Srikembang, Muarakuang, Kasah, Kuang Anyar, Rantau Sialang, Srinanti, Munggu di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sementara hasil pertanian, untuk sayur mayur, seperti cabai, terong dan jenis kacang panjang tidak ada yang mau membelinya, karena sulitnya transportasi keluar dari wilayah itu. Harga karet sebagai penghasil utama penduduk, harganya murah.

Akibat banyaknya jalan yang rusak ini, membuat arus transportasi di kawasan tersebut menjadi tersendat. Warga mengeluhkan karena kesulitan mengangkut hasil pertanian ke pasar.

“Kami mengharapkan kiranya keluhan warga ini menjadi perhatian pemerintah,” ujar tokoh masyarakat Muara Kuang, Abdul kohar.

Menurut Kohar, akibat buruknya jalan lintas ini membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu. “Memang sejak dua bulan terakhir curah hujan di sini sangat deras, sehingga kondisi jalan yang rusak semakin parah ada yang berlumpur,. Yang parah itu di Desa Nagasari-Srikembang, ”katanya.

Anggota DPRD Ogan Ilir dari Fraksi Golkar Basri M Zahri mengakui, bila kondisi jalan di kecamatan Muara Kuang dan sekitarnya banyak yang rusak. Seperti jalan kabupaten dari Simpang Muara Kuang menuju Tambang Rambang, Kecamatan Rambang Kuang. Kemudian jalan Kabupaten di Desa Kasa, juga kondisinya sangat buruk.

Terhadap jalan kabupaten yang rusak ini, anggota DPRD OI asal Dapil V yang melakukan reses tersebut, mendesak kiranya pemerintah segera menanggulanginya sebelum kondisinya lebih parah lagi. Kemudian untuk jalan provinsi yang rusak, diharapkan Pemkab OI dapat menyurati instansi terkait di Pemprov Sumsel. “Di wilayah Ogan Ilir juga banyak ruas jalan provinsi, seperti yang terdapat di Jalan Payaraman menuju Desa Tambang Rambang, Kecamatan Rambang Kuang,” ujar Basri.

Kadis PUPR OI H Muhsin Abdullah mengatakan Pemkab OI hanya menganggarkan perbaikan jalan milik kabupaten hingga jalan desa namun tidak untuk provinsi. “Ya kami memperbaiki jalan sesuai anggaran daerah, kalau jalan provinsi tidak ada dananya,” ujarnya. (sar)

Baca Juga