Ikut Membangun

Bullying Kembali Mencoreng Dunia Pendidikan

Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan sari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Namun sekarang zaman semakin berkembang, aksi kejahatan dilakukan mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.

Dan terkadang penyebab yang dilakukan tindak kekerasan itu mulai dari faktor keisengan semata atau karena dendam yang sempat belum terbalaskan. Sekelompok anak SD melakukan aksi bullying, dan siswa kelas 1 SD yang menjadi korban bullying di sekolahnya.

Akibat perbuatan yang dilakukan dibawah umur itu akan berdampak bagi anak-anak lainnya. Agar,sebagai orang tua harus lebih memperhatikan lingkungan sekitar anak-anak.

Jadi, para orang tua sebaiknya memberi bekal pendidikan yang baik dan lebih menerapkan pembelajaran pendidikan agama, misalnya: mengikuti pembelajaran TPA dan orang tua harus memberi contoh yang baik kepada anak dan memberitahu kepada anak mana hal yang baik yang harus dikerjakan dan mana hal yang buruk yang harus dihindari.

Penulis:
Anita Fitriani 
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Baca Juga