Ikut Membangun

Gelorakan Semangat Juang Pahlawan, Herman Deru Ajak Warga Sumsel Ikuti Kemeriahan Festival Gapura

Palembang–Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengajak masyarakat di daerah ini,  untuk terlibat secara langsung memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 tahun 2019.

Salah satu agenda perlombaan yang sayang jika dilewatkan adalah Festival Gapura HUT RI ke 74 Tahun 2019 dengan Tema “Sumsel Maju Untuk Semua” memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika dibincangi usai talkshow disalah satu stasiun tv lokal di Palembang menegaskan,  digelarnya festival  Gapura ini digelar berbarengan dengan momen 17 Agustus 2019. Merupakan salah satu upaya menggelorakan  kembali semangat masyarakat akan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan berkorban nyawa, harta bahkan keluarga. Selain itu makna yang ingin dicapai adalah nilai kebersamaan dan keindahan.

“Kita ajak masyarakat Sumsel untuk terlibat memeriahkan hari kemerdekaan ini. Salah satunya lomba gapura. Material yang digunakan juga tidak perlu yang mahal-mahal. Cukup dengan memanfaatkan yang ada di wilayah setempat,” tambah Gubernur.

Dipilihnya Gapura, lanjut Gubernur karena ini memenuhi unsur keindahan yang dapat dinikmati oleh khalayak. Karena itu pihak RT/RW, Desa, Kelurahan dan Kecamatan untuk memanfaatkan momen ini sebagai wadah atau space untuk mengungkapkan rasa syukur yang diaktualisasikan dalam karya seni festival gapura.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Achmad Rizwan menegaskan, pihaknya telah menyusun jadwal dimana untuk waktu pengiriman foto GAPURA ke Panitia 29 Juli s.d. 17 Agustus 2019. Penjurian 18 Agustus s.d 28 Agustus 2019. Pengumuman pemenang di zona 1 dan 2 pada tanggal 29 Agustus 2019 dan pengumuman pemenang juara tanggal 30 Agustus 2019.

“Mekanisme lomba mencakup  lokasi berada di Provinsi Sumatera Selatan, peserta mencakup RT/RW, desa, Kelurahan, ormas, dinas/instansi/komunitas. Menyertakan logo HUT RI ke-74,logo Pemprov Sumsel, Menyertakan Tagline : Sumsel Maju Untuk Semua (Unduh di website www. festivalgapura.sumselprov.go.id dan www.sumselprov.go.id ).

Rizwan menambahkan, Gapura wajib memuat  unsur “Keindonesiaan” antara lain, bendera merah putih, lambang negara garuda, Motif kedaerahan setempat.  Tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, Politik dan Ormas,.

“Untuk info dan pendaftaran, kunjungi Link www.festivalgapura.sumselprov.go.id atau Sekretariat Dinas Kominfo Prov Sumsel, Jalan Merdeka No. 10A Palembang,” tandasnya. (rilis humas)

 

Baca Juga