Ikut Membangun

Ibadah Membuat Orang Jarang Galau

Sering dalam kehidupan sehari-hari kita merasa galau bukan saja dikalangan muda tetapi sering juga terjadi pula pada orang dewasa. Dalam perspektif kita rasa galau itu dikarenakan karena masalah cinta. Tetapi masalah lain pun menjadi sebab terjadinya sebab rasa galau. Menurut KBBI, galau adalah kondisi ketika pikiran dalam keadaan yang kacau atau tidak karuan.

Merasa galau bukanlah kejadian yang tidak biasa, melainkan sering dialami oleh banyak orang. Rasa galau menyebabkan rasa putus asa dan bahkan malas dalam melakukan hal apa pun. Masalah-masalah penyebab galau bisa dari mana saja antara lain kurang teman atau kurang pergaulan, sedang putus cinta atau jarang melakukan ibadah kepada Allah SWT. Inilah yang sering menjadi penyebab terjadinya rasa galau.

Penyebab rasa galau adalah kurangnya beribadah. Rata-rata orang yang jarang beribadah akan sering mengalami rasa galau, rasa tidak tenang atau mempunyai rasa khawatir yang berlebihan. Dan sebaliknya orang yang sering beribadah kepada Allah akan tidak mudah merasa galau yang banyak dirasakan oleh kebanyakan orang. Orang yang lebih sering melakukan ibadah akan merasa tenang dan mudah menghadapi segala masalah sebesar apa pun.

Mereka yang sering beribadah akan lebih ikhlas dalam menghadapi masalah mereka dan lebih menyerahkan urusannya kepada Allah SWT. Mereka yang sering beribadah akan selalu tidak memikirkan kekhawatiran-kekhawatiran yang sering dirasakan orang yang jarang beribadah. Kita telah banyak mengetahui bahwa orang yang giat beribadah tidak mudah putus asa dan terlihat tenang dalam kehidupannya.

Rasa galau atau putus asa disebabkan kurangnya iman atau ibadah kita terhadap Allah SWT. Jika kita lebih giat beribadah yakinlah masalah yang kita alami saat ini yang bahkan membuat kita galau berkepanjangan akan terasa mudah dan terasa ringan. Berserahlah kepada Allah SWT agar kita selalu terjaga dari perasaan galau atau rasa putus asa kita.

Penulis:
Een Kurniasih
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

 

Baca Juga