Ikut Membangun

Jaman Now Jadi Gampang Berkat Smartphone Pintar

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modern berdasarkan para ahli adalah sebagai berikut.

Menurut Widjojo Nitisastro “mordenisasi adalah suatu transformasi total dan kehidupan bersama yang tradisoinal atau pra modern dalam artian teknologi serta organisasi sosial, kearah pola-pola ekonomis dan politis”. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto mordenisasi adalah suatu bentuk dan perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar).

Dengan dasar pengertian diatas modern adalah kemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya taraf penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.

Di era modern ini tak asing lagi dengan benda yang bernama smartphone, smartphone ialah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai computer. Hampir setiap orang di zaman sekarang ini telah mempunyai smartphone bahkan smartphone dimiliki tanpa harus memandang umurnya, dari anak-anak sampai kakek-nenek sudah mempunyai smartphone.

Apalagi smartphone saat ini sudah diisi dengan aplikasi-aplikasi yang luar biasa yang dapat membantu semua orang kemana pun, dimana pun dan kapan pun bisa dengan menggunakan telepon genggam ini.

Seperti yang sudah banyak dilihat dan kita alami sendiri, banyak orang zaman sekarang telah menggunakan smartphonenya untuk kemana saja. Seperti sebagian orang tua yang sibuk bekerja , tetapi ia juga harus tetap bertanggung jawabnya untuk mengantar anak ke Sekolah. Dia dapat memesankan anaknya ojek online menggunakan sebuah aplikasi dan orang tua tersebut tetap dapat memantau anaknya dari kejauhan melalui telepon genggam yang canggih ini.

Bukan itu saja berkat alat ini banyak hal-hal yang dapat dikerjakan hanya dengan sekali klik dan geser. Pengaruh munculnya smartphone ini memiliki dampak positif dan negatif. Dari dampak negatifnya smartphone dapat berpengaruh pada kesehatan, tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki smartphone yang canggih memang sangat menyenangkan, tetapi efek buruk yang dapat ditimbulkan pada kesehatan ialah dapat merusak penglihatan bila kita menggunakan smartphone terlalu lama tanpa adanya sedikit pun untuk beristirahat. Selain itu juga smartphone dapat menjadi salah satu penyebabnya seseorang untuk mudah tidur.

Oleh sebab itu dalam penggunaan smartphone di Era Modern ini haruslah dengan baik, benar sesuai kebutuhan kita. Misalnya saja, apabila kita dapat memanfaatkan smartphone dengan sebaik mungkin, maka akan berdampak positif seperti memudahkan mendapatkan informasi, menambah fitur yang lebih canggih, dapat berkomunikasi secara mendunia, dan memudahkan mencari tempat dan tujuan.

Pesannya untuk orang-orang yang hidup di era zaman now ini haruslah lebih cermat, berpikir kritis dalam menghadapi kemajuan di Dunia ini. Jadilah orang yang dapat memanfaatkan segalah sesuatu dengan baik dan benar sesuai tujuannya.

Penulis:
Dessy Rahma Sari
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Baca Juga