Ikut Membangun

Lahan di Desa Sungai Rambutan Masih Terbakar

Inderalaya — Setelah dua hari, lahan gambut di Desa Sungai Rambutan Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih terbakar, bahkan petugas kesulitan untuk melakukan pemadaman lantaran terbatasnya peralatan dan pipa air mobil pemadam kebakaran.

Kebakaran lahan gambut kering kembali terjadi dan membakar puluhan hektar lahan gambut  di kawasan KTM Desa Sungai Rambutan, Inderalaya Utara. Bahkan kebun karet milik warga hampir terbakar. Akibat insiden kebakaran lahan tersebut,  jalan lintas Palembang-Inderalaya dipenuhi asap.

Pantauan di lokasi, Anggota Manggala Agni bersama personel BPBD Ogan Ilir, BPBD Sumsel dan TNI-Polri telihat bersama-sama memadamkan api.

Kapolres OI AKBP M Arief Rifai mengatakan, sebenarnya ini sisa api kemarin, peralatan pemadaman memang minim, pipanyavtidak sampai ke lahan yang terbakar, karena terlalu pelosok, luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai puluhan hektar.
Kapolres menambahkan, api yang membakar hari ini berasal dari sisa kebakaran kemarin yang belum bisa dipadamkan, dan diduga ada unsur kesengajaan.

“Di lokasi segera kami pasang Police Line, pemilik lahan akan segera kami panggil secepatnya untuk dimintai keterangan,” kata Kapolres.

Kepala BPBD OI Sakroni kemarin mengatakan pihaknya dibantu mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api selain menggunakan mobil BPBD,”kendalanya kapasitas air di tanki memang terbatas selain itu selang atau pipa memang kurang panjang, agak sulit ketika memadamkan api di daerah pelosok. Terkadang kami manual memadamkan apinya dengan cara memukul mukulkan sesuatu agar api padam,”katanya. (sar)

Baca Juga