Ikut Membangun

Melemahnya Pendidikan Moral dan Karakter Ditengah Majunya Perkembangan Zaman

Diera modern sekarang ini, beriringan dengan pendidikan yang semakin maju dan teknologi yang semakin canggih. Perkembangan perilaku karakter dan moral anak bangsa semakin hari semakin memprihatinkan dan sangat menghawatirkan terutama dikalangan remaja yang menduduki bangku sekolah SMA.

Dalam dunia pendidikan sudah menggunakan sistem pendidikan nasional nasional yang mana dapat dikatakan sudah mengalami kemajuan yang semakin canggih terutama pada tingkat sekolah dasar dan tingkat menengah. Bahkan ada beberapa sekolah sudah menerapkan sistem pembelajaran yang bersifat internasional. Kemajuan ini tidak hanya pada sistemnya saja, tetapi juga pada fasilitasnya. Sekarang sudah banyak kita jumpai yang pada sekolahnya saat proses pembelajaran sudah menggunakan LCD, begitupun kelasnya  sudah ber-AC, bahkan juga menggunakan smartphone sebagai alat untuk belajar mengajar.

Akan tetapi seiring kemajuan tersebut  tidak seimbang dengan majunya pendidikan moral, etika dan perilaku siswa. Siswa sekarang hanya memikirkan kelulusan dengan angka yang bagus saja untuk raport dan ijazah mereka tanpa memahami arti pentingnya materi pembelajaran itu untuk kehidupan masa depan mereka kelak.  Padahal pendidikan nasional berfungsi untuk menciptakan atau membentuk intelektual. Perilaku para pelajar saat ini sebagai penerus bangsa sudah sangat menghawatirkan, seperti kurangnya pendalaman tentang ajaran agama, kurangnya rasa hormat kepada orang yang lebih tua, banyaknya siswa yang merokok, serta cara-cara berpakaian pada kalangan pelajar.

Jika diperhatikan sekarang hanya sedikit siswa yang melaksanakan ibadah berjamaah. Mereka lebih mengutamakan berkumpul bersama teman-temannya dari pada melaksanakan sholat berjamaah. Selain itu perilaku pelajar sekarang tidak sesuai dengan budaya orang kita, dimana sekarang ini sudah terlihat kurang menghormati kedua orang tuanya, seperti sudah berani melawan, membentak dan melakukan tindak kekerasan. Bahkan saat ini telah banyak kita temui pelajar tingkat SD sudah membiasakan dirinya untuk merokok. Untuk masalah ini, mereka tidak dapat disalah kan dengan sepenuhnya karena mereka melihat dan mengikuti perilaku orang tua mereka yang merokok disembarang tempat.

Dilain hal model pakaian wanita pun sekarang sudah memprihatinkan terutama dikalangan remaja yang masih berada dibangku sekolah.  Karena cara berpakaian mereka sekarang  ini sedikit ketat bahkan ada yang memakai celana yang tidak nyaman dilihat. Menurut saya ini merupakan salah satu efek negatif dari globalisasi. Bahkan pelajar sekarang sudah terbiasa melakukan hal-hal asusila seperti berciuman bahkan sampai oborsi. Sangat disangatkan bila masa depan yang cerah dan masih panjang rusak akibat dari kenikmatan sesaat.

Disini peran orangtua dan guru sangat dibutuhkan agar karakter dan perilaku anak remaja sekarang tidak mengalami kemerosotan yang melanggar keasusilaan.  Lakukanlah perbaikan secara perlahan agar anak bangsa terselamatkan dari kehancuran moral yang diakibatkan oleh masuknya budaya-budaya luar yang mengancam penerus generasi bangsa kita.

Penulis:
Desti Mayasari
Mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang

 

 

Baca Juga