Ikut Membangun

Memacu Akreditasi Melalui Mubes IMPI dan Study Banding

Hal yang wajar jika Program Study dari berbagai Universitas ingin meningkatkan akreditasinya supaya bisa bersaing dengan dunia luar dalam hal pekerjaan. Salah satunya cara yaitu mengadakan Acara-acara atau event-event tertentu pada jurusan atau program study tersebut. Hal yang demikian pula dilakukan oleh Program Study PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Acara Prodi PGMI ini bertemakan “meneguhkan peran IMPI untuk pendidikan bangsa” acara ini digelar pada tanggal 26-29 Oktober 2017 lalu ini sukses lancar sampai hari terakhir acara tersebut.

Mubes IMPI (Ikatan Mahasiswa PGMI se-Indonesia)  ini digelar 2 tahun sekali, yang mana pada tahun ini diselenggarakan di UIN Raden Fatah Palembang. Mubes IMPI ini juga sebelumnya digelar di UIN  Sunan Kali Jaga Jogjakarta. suksesnya acara mubes ini tak lepas dari  panitia pada acara tersebut dan dukungan mahasiswa pgmi yang ada di UIN Raden Fatah Palembang serta peserta yang datang dari seluruh kota baik tingkat UIN, IAIN, STAIN, STIT, UMJ (Unieversitas Muhammadiyah Jakarta) serta UNISKA. Mahmud Hasyim selaku ketua pelaksana pada acara mubes impi ini sudah sangat baik melakukan tugasnya. “acara ini sudah disiapkan berbulan-bulan sebelum acara dimulai, acara ini sukses terselenggara berkat panitia yang antusias yang ikut berpartisipasi dalam acara mubes impi ini. Saya berharap dengan digelarnya mubes impi ini program studi pgmi ini bisa lebih maju lagi dalam hal akreditasi dan kualitas”, pungkas Mahmud Hasyim.

Kaprodi PGMI UIN Raden Fatah Palembang yaitu ibu Dr Hj Mardiah Astuti, M.Pd.i sangat mengapresiasi acara nasional ini. Karena dengan adanya acara ini PGMI bisa meningkatkan tali silaturahmi  antar mahasiswa PGMI dan juga dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Kegiatan selanjutnya yang segera diadakan oleh program study PGMI UIN Raden Fatah Palembang yaitu study banding. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 10 hari pada tanggal 1-10 Februari 2018 nanti. Study Banding ini akan berkunjung ke 5 kota dan 2 universitas untuk kunjungan study. Tujuan study banding ini yaitu untuk membandingkan prodi PGMI UIN Raden Fatah dengan UIN Malang juga uin sunan gunung djati. Dengan ini prodi PGMI UIN Raden Fatah Palembang bisa mencari apa kekurangan dan kelebihan yang ada di 2 universitas tersebut. Kemudian diterapkan apa yang menjadi kelebihan UIN Malang dan UIN Bandung di prodi PGMI UIN Raden Fatah Palembang sehingga bisa memacu akreditasi menjadi meningkat.“Dengan adanya study banding ini kami berharap bisa menjadi tolak ukur berkembangnya prodi PGMI UIN Raden Fatah Palembang sehingga bisa bersaing dengan prodi-prodi lain yang ada di UIN Raden Fatah Palembang kedepannya serta bisa meningkatkan akreditasi.”ujar seto nuryasin sebagai ketua hmj PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Jika akreditasi meningkat, hal ini bisa menjadi amal jariyah bagi yang  mengikuti acara tersebut atau ikut serta dalam study banding karena mempermudah orang lain untuk mencari kerja kedepannya karena akreditasi sudah menjadi lebih baik.

Banyak hal yang positif yang dapat diambil dari acara tersebut salah satunya yaitu bisa menambah wawasan mahasiswa tentang dunia luar itu seperti apa sekaligus untuk refreshing dari kegiatan kuliah yang mungkin menjadi beban bagi mahasiswa tersebut. Bisa juga menjadi salah satu kegiatan untuk mempererat tali silaturahim antar sesama. (***)

Penulis:
Fuad Abdurrosyid
Mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang

 

Baca Juga