Ikut Membangun

Mengejar Impian Demi Ayah

Tiada kata lelah untuk mencari nafkah, dia adalah ayah dari tiga orang anak yang bernama Verdy Amransyah.  Dia bekerja sebagai  Tukang Ojek di sekitar Baturaja. Penghasilannya hanya sekitar Rp.30.000-Rp.70.000 per hari.  Anak pertamanya bernama Vadel Adiguna Utama, dia adalah kakak yang bertanggung  jawab dari kedua adiknya setelah ayahnya. Dia bekerja di salah satu karyawan di swalayan swasta di Baturaja. Adiknya yang bernama Vidya Dian Rizkiani sebut saja Vidya.

Dia adalah sosok wanita yang tangguh, tiada hari tanpa belajar, karena dia tahu bahwa masa depan tidak semudah apa yang dibayangkan, Vidya salah satu murid yang berprestasi di SMA N 1 OKU Baturaja kelas XII IPS 1. setiap pembagian rangking dia tidak pernah keluar dari rangking tiga besar.

Dari kelas satu SMA dia sudah mendapatkan rangking dua. Vidya termasuk keluarga yang kurang mampu sehingga dia mendapatkan Dana Bos dari pemerintah sejak kelas satu SMA. Di kelas Vidya termasuk siswa yang aktif dalam belajar, selalu mengerjakan apa yang disuruh guru dan tak jarang pula guru menyuruh dia untuk mengikuti perlombaan Geografi antar siswa SMA di sekolah.

Saat pengumuman siapa saja yang ikut jalur SNMPTN, ternyata namanya masuk. Dan Vidya pun mengikuti jalur SNMPTN, tapi sayangnya dia gagal dalam jalur tersebut .

Tanpa putus asa Vidya  terus belajar untuk mengikuti jalur kedua yaitu SBMPTN .Berkat dukungan keluarga dan teman terdekat akhirnya dia lulus dari jalur SBMPTN. Kini Vidya adalah salah satu mahasiswi di Universitas Negeri di Sumatera Selatan sebut saja Universitas Sriwijaya (UNSRI),  dengan jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini fakultas FKIP.

Bukan itu saja dia mendapatkan bidik misi selama satu tahun. Tidak sia-sia usahanya selama ini, kini Vidya membanggakan orang tuanya yang hanya tinggal sendiri.  Ibunya meninggal sejak usia Vidya berumur lima tahun . tidak lama dari ibunya meninggal, adiknya bernama Vitra Widya Anisa, diasuh oleh bibinya, adik dari ayah Vidya karena faktor ekonomi. Kini, Vidya dan kakaknya berharap dimasa depan mereka dapat membahagiakan ayahnya. (***)

Penulis: 
Martha Sawitri
Mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang

 

Baca Juga