Ikut Membangun

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dalam proses pembelajaran siswa setiap guru mempunyai keinginan agar semua siswanya dapat memperoleh hasil belajar yang baik dan memuaskan. Harapan tersebut seringkali kandas dan tidak bisa terwujud, karena banyak siswa tidak seperti yang diharapkan. Maka sering mengalami berbagai macam kesulitan dalam belajar. Salah satu faktor kesulitan dalam belajar adalah kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa.

Seperti yang telah saya tinjau disebuah sekolah dasar, setelah saya amati disekolah tersebut, ternyata siswa tersebut mengalami kesulitan dalam belajar, dapat diketahui dari berbagai jenis masalah seperti, hasil belajarnya rendah, nilai dibawah rata-rata kelas, hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukannya, menunjukkan sikap yang kurang wajar, tidak mau menyelesaikan tugas-tugas,  menunjukkan tingkah laku yang tidak baik seperti suka mengganggu teman dan sebagainya.

Penyebab kurangnya motivasi belajar siswa tersebut adalah tidak percaya diri, pergaulan yang tidak mendukung, ataupun keluarga yang tidak harmonis dapat mengganggu konsentrasi belajar.

Faktor yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan pemberian informasi tentang arti belajar bagi siswa dengan menjelaskan tentang manfaat ilmu pengetahuan, pemberian tugas dan tanggung jawab di kelas agar siswa terdorong menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tidak bermalas-malasan.

Guru juga dapat berusaha mengadakan persaingan/kompetisi di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya, serta dengan memberikan pujian yang sudah sepantasnya kepada siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian, dan tentunya pujian tersebut harus bersifat membangun.

Penulis:
Duwik Istia
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

 

Baca Juga