Ikut Membangun

Miris, Pustu Nyaris Roboh Masih Digunakan Melayani Pengobatan Masyarakat

Inderalaya — Miris, bangunan puskesmas pembantu (pustu) nyaris roboh yang terletak di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih digunakan untuk melayani pengobatan bagi masyarakat setempat.

Informasinya di desa tersebut setidaknya ada 500kk yang tinggal di wilayah tersebut. Bangunan tersebut satu-satunya akses di desa untuk melayani kesehatan masyarakat seperti berobat,  pelayanan imunisasi, penyuluhan kesehatan dan sebagainya. Pustu tersebut rusak dibagian atapnya sejak Juni lalu dikarenakan tertimpa pohon saat hujan deras. Akibatnya gentengnya hancur bahkan sebagian merusak plafonnya,  tak ayal saat hujan datang pustu tersebut pasti bocor.

Salah satu pasien Wijaya warga Desa Burai mengatakan saat berobat di pustu tersebut sangat miris apalagi saat musim hujan, “ya memang ruangan sebelah kiri yang dipakai karena disitu atapnya masih bagus.  Tapi saat hujan ya tetap kena bocornya.  Jadi mirislah kalau bangunan yang rusak berat ini masih dipakai.  Haruslah segera diperbaiki.  Ini juga buat masyarakat,” jelasnya Senin (27/11/2017) .

Perawat yang enggan disebutkan namanya mengaku miris juga karena bangunan pustu tersebut rusak berat. “Ya kami wajib melayani pasien,  kadang-kadang kita iba juga sam pasien.  Saat hujan geledek takut atapnya roboh,” ujarnya.

Camat Tanjungbatu Azhari mengatakan bangunan pustu yang rusak atapnya tersebut sudah dimasukkan dalam program musrenbang di kecamatan dn dibawa ke kabupaten untuk diperbaiki.  “Sudah lama rusaknya tertimpa atap saat hujan deras,  ini akan diperbaiki 2018 nanti,  sudah masuk musrenbang. Karena pustu ini satu satunya pelayanan kesehatan untuk masyarakat jadi wajib diperbaiki. Ya kita minta Dinkeslah tahun depan segera memperbaikinya,” kata Azhari.

Kadinkes Oi H Siska Susanti mengakui jika sebagian bangunan tersebut masih digunakan untuk melayani masyarakat dibidng kesehatan ,”tahun depan kita akan perbaikilah, ” ujar Siska.  (sar)

 

Baca Juga