Ikut Membangun

Model Pembelajaran Kontekstual Pada Anak

Model pembelajaran kontekstual disebut juga dengan pembelajaran CTL (contextual teaching and learning). Contextual Learning and Teaching (CTL) adalah proses pembelajaran yang bertujuan membantu anak didik untuk memahami makna bahan ajar yang menghubungkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari hari. Anak didik memahami sendiri secara aktif pemahamannya.

Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) disebut juga sebagai pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Artinya, seorang pendidik yang menggunakan konsep belajar dengan menghubungkan antara materi pembelajaran dengan apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari atau dunia nyata seorang peserta didik. Hal tersebut akan mendorong anak didik untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari .

Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu usaha untuk membuat anak didik menjadi lebih aktif, dan menggali kemampuan anak didik mempelajari sebuah pelajaran sekaligus menerapkan dalam dunia nyata.

Melalui model pembelajaran kontekstual pengetahuan anak didik dibangun sedikit demi sedikit, anak didik dibiasakan untuk bertanya, karena pengetahuan yang dimiliki seorang bermula dari bertanya, tanya jawab dapat diterapkan pada anak didik dengan anak didik, anak didik dengan guru, atau anak didik dengan orang lain. Kemudian anak didik akan menemukan sendiri hal-hal yang ada dalam pembelajarannya.

Hasil pembelajaran dengan menggunakan model kontekstual ternyata selain meningkatkan hasil belajar, juga menunjukkan perkembangan siswa yaitu terbuka, objektif, disiplin , dapat bekerja sama, dan bertanggung jawab, selain itu siswa juga bisa menggali dan mengembangkan pengetahuannya sendiri. Sehingga, harapan kita sebagai pendidik memiliki siswa yang aktif, dapat berfikir logis, kritis dan kreatif dapat terwujud.

Penulis:
Febri Haryanti
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

 

Baca Juga