Ikut Membangun

Pengaruh Gadget Terhadap Hasil Belajar Anak

Zaman sekarang ini sudah banyak sekali kita temui golongan anak-anak sudah menggunakan smartphone, karena jaminan harga murah dan akses internet lebih cepat, bahkan anak umur 2/3 tahun sudah mengenal gadget, dan mereka sudah mahir menggunakan smartphone dan memang diizinkan orang tuanya untuk membawanya.

Anak-anak diberikan izin membawa gadget memang merupakan hal penting, karena kekhawatiran orang tua pada anaknya ketika menjemput sekolah dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut dapat merugikan, contohnya menggunakan gadget akan berdampak buruk bagi kesehatan, moral, bahkan pendidikannya. Sayangnya banyak orang tua yang kurang mengerti tentang bahayanya gadget untuk kesehatan anak pada masa yang akan datang.

Jika orang tua dapat mencermati dampak negatif pada pengguna gadget. Anak-anak yang berusia dibawah delapan tahun memiliki risiko besar terhadap gadget, jika tidak benar-benar diperhatikan orang tua maka yang akan terjadi bukanlah kecerdasan yang akan diperoleh anak, melainkan adalah penderitaan pada pendidikan anak tersebut.

Salah satu tanggung jawab anak adalah belajar dan sekolah, tapi jika orang tua anak terlalu memberikan kebebasan menggunakan gadgetnya maka ia cenderung mengabaikan kewajibannya, kondisi tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar anak disekolah dan membuat prestasi anak jadi menurun bahkan tidak mempunyai prestasi.

Dari segi sosial gadget akan menyebabkan anak cenderung asyik dengan gadgetnya sehingga tak memperhatikan hal-hal yang ada di sekelilingnya, anak akan lebih betah di depan smartphone dibandingkan buku pelajaran sehingga mereka tidak dapat mengontrol diri sendiri, terjadi konflik yang terjadi dan tidak ada cara untuk mengatasi masalah, banyak mengeluh ketika ada masalah, emosi, orang-orang yang bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.

Penulis:
Aprilia Apsari
Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Baca Juga