Ikut Membangun

Peran Orangtua dalam Menyukseskan Pendidikan

Pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua. Saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini, untuk itu orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak, sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensial anak kecerdasan dan rasa percaya diri dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.

Ada banyak cara untuk memberikan pendidikan terhadap anak baik formal maupun non formal. Adapun pendidikan formal tidak sebatas dengan memberikan pengetahuan dan keahlian kepada anak mereka di sekolah, selain itu pendidikan non formal menanamkan tata nilai yang serba luhur atau akhlak norma-norma, cita-cita tingkah laku dan aspirasi dengan bimbingan orang tua dirumah.

Pada banyak kasus orang tua sering memaksakan kehendak mereka terhadap anak-anak mereka tanpa mengindahkan pikiran dan suara hati anak. Orang tua merasa paling tahu apa yang terbaik untuk anak-anak mereka, hal ini sering dilakukan oleh orang tua yang berusaha mewujudkan impian mereka, yang tidak dapat mereka raih  saat mereka masih muda, melalui anak mereka kejadian seperti ini tidak seharusnya tejadi jika orang tua menyadari potensi dan bakat anak mereka serta memberikan dukungan moril dan sarana untuk membantu anak mereka mengembangkan potensi dan bakat yang.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang tua dan harus dihindari dalam mendidik anak mereka antara lain menumbuhkan rasa takut dan minder pada anak, mendidik anak menjadi sombong terhadap orang lain, membiasakan anak hidup berfoya-foya selalu memenuhi permintaan anak terutama ketika anak sedang menangis, terlalu keras dan kaku dalam menghadapi anak terlalu pelit terhadap anak (melebihi batas kewajaran) tidak mengasihi dan menyayangi mereka sehingga mereka mencari kasih sayang diluar rumah, orang tua hanya memperhatikan kebutuhan jasmaninya saja, orang tua terlalu berprasangka baik kepada anak-anak mereka.

Untuk itu sudah menjadi kewajiban orang tua untuk belajar dan terus menerus mencari yang berkaitan dengan pendidikan anak. Ayah terhindar dari kesalahan dalam mendidik anak yang dapat berakibat buruk bagi masa depan anak-anak, orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada di diri anak-anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka disekolah. Para orang tua diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang luhur dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah.

Penulis:
Megawati
Mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang

Baca Juga