Ikut Membangun

PT GON Terima 700 Ton TBS Sawit/Hari

Arman manajer PT GON

Inderalaya — Manajemen PT Golden Oilindo Nusantara (GON) Kabupaten Ogan Ilir (OI) setiap hari menerima 300 – 700 ton buah sawit berupa tandan buah segar (tbs).

Humas PT GON Saparudin didampingi  Arman kemarin kepada Bp. Menurutnya
guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan karyawan PT  GON di Desa Rambutan Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengutamakan pembelian tandan buah segar (tbs) dari perkebunan rakyat.

Disebutkan Arman meski perusahaan cpo yang dikelolanya berorientasi pada provit namun tidak melupakan soal ekonomi kerakyatan.

“Kita tetap terima tbs darimana saja namun tidak melupakan perkebunan rakyat terutama yang arealnya dekat perusahaan seperti di Desa Rambutan, berapapun dia bawa tbs kita terima. Saat ini perusahaan baru beroperasi 2bulan, di lahan 15ha dengan jumlah tenaga kerja 100orang sebagian besar dari OI dan daerah lainnya terdiri dari bagian herfer, buruh penurunan tbs, teknisi mesin produksi, sopir, bagian keuangan dan sebagainya,” katanya.

Dijelaskannya sejak tutup beberapa waktu lalu, akhir Juli kembali beroperasi kembali,meski baru 1,5bulan beroperasi setiap harinya rata-rata perusahaan tersebut menerima 300ton-700ton buah sawit berasal dari kebun masyarakat Desa KTM Rambutan, Desa Payakabung, OKI, OI, Muaraenim, Prabumulih, Pendopo, Pali dan sebagainya.

“Disini buah tadi kita olah menjadi cpo dan kernel (inti sawit) dan di jual ke perusahaan lainnya. Kalau sistem stok untuk cpo 2 tanki 1000ton dan 2000ton dan kernel ada tempat penampungan kapasitas bankernya ribuan ton juga,”ujarnya

Ditambahkannya saat ini buah sawit tidak susah didapatkan, karena sudah memasuki musim penghujan.

“Kita tidak sedang track, tbsnya banyak, tidak ada pungli untuk sopir. Kedepan kita berharap buah tambah banyak, harga stabil, sehingga proses cpo berjalan lancar,”ujarnya. (sar)

 

 

Baca Juga