Ikut Membangun

Rawan Karhutla, Desa Lorok Jadi Target

Inderalaya — Gara- gara rawan terjadinya karhutlah, berakibat pada anggota Unit Sosek Sat Intelkam Polres Ogan Ilir (OI) menjadikan Desa Lorok Kecamatan Inderalaya Utara menjadi target fan percontohan sosialisasi minimalisir aksi kebakaran lahan.

Anggota Unit Sosek Sat Intelkam Polres OI melaksanakan tatap muka dengan kades dan warga Desa Lorok  Kecamatan Inderalaya Utara yang dipimpin Bripka M. Husni Thamrin A. Md beserta anggota, Kades Desa Lorok Muhaimin, perangkat desa dan warga Desa Lorok Kecamatan Indralaya Utara.

“Kita sampaikan kepada warga Desa Lorok untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan menjelaskan  dampak yang akan ditimbulkan dari pembakaran hutan dan lahan,”ujarnya kemarin.

Disebutkannya pihak Polres OI saat ini telah melakukan koordinasi dengan pihak BNPB (badan nasional penanggulangan bencana) untuk mengantisipasi jika terjadi karhutla, agar cepat ditanggulangi. Sedangkan untuk permintaan bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di posko, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait guna menindaklanjuti permintaan warga Desa Lorok.

Kades Desa Lorok Muhaimin menjelaskan bahwa Desa Lorok sudah mempunyai posko desa peduli api sesuai dengan arahan dari hasil rapat koordinasi karhutla di pendopooan Kompleks Tanjung Senai kemarin. Namun dirinya meminta bantuan dari pihak pemerintah agar kiranya dapat memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana yang dibutuhkan di posko seperti kendaraan untuk berpatroli di desa serta mesin pompa air untuk mengantisipasi/menanggulangi apabila terjadi karhutla. (sar)

Baca Juga