Ikut Membangun

Tarif Dasar PDAM Tirta Ogan Naik, 6500 MBR Gratis Pemasangan

Inderalaya — Meskipun tarif dasar PDAM Tirta Ogan naik mulai September dan akan mulai ditagih Oktober mendatang, namun 6500 pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) bakal mendapatkan pemasangan gratis biaya pemasangan sebesar Rp 1.350.000, yang bersumber dari APBN sehingga dibutuhkan dana Rp21 miliar.

Direktur PDAM Tirta Ogan Direktur PDAM Tirta Ogan Ir Muhammad Azwar didampingi Kabag Keuangan dan Administrasi Husin. Menurutnya jumlah MBR diminta datanya dari kades yabg tersebar di 16 kecamatan, selain itu pihaknya juga melihat secara langsung kondisi masyarakatnya.

“Inikan dananya dari APBN jumlahnya 6500pelanggan sebanyak Rp21miliar. Ini upaya kita menambah jumlah pelanggan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dengan banyak pelanggan, perluasan area pelayanan, dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya program tersebut sesuai program nawacita Presiden RI Joko Widodo, yaitu air bersih bukan hanya dinikmati oleh masyarakat kelas atas, namun seluruh masyarakat dengan program presiden 100 0 100 yaitu 100 persen air bersih 0 persen daerah kumuh dan 100 persen sanitasi bersih.

“Kerjasama kita jalin dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Yulius,  karena itukan prosesnya APBN. Yang jelas jumlah tersebut kita harapkan disepakati jadi tidak ada pengurangan. Inikan sudah diusulkan ke Jakarta tinggal menunggu keputusan dari Kementerian PU dan Kemenkeu. Jadi meskipun tarif naik tapi tetap tidak memberatkan masyarakat miskin karena pemasangan biaya awalnya gratis,” jelasnya.

Ketua DPRD OI H Endang PU Ishak mengaku setuju atas adanya kenaikan tarif tersebut, namun manajemen PDAM Tirta Ogan harus meningkatkan pelayanan dan meningkatkan mutu air.

“Sejak PDAM ini berdiri tidak ada kenaikan tarif baru inilah, mulai berdiri  tidak pernah naik tarif. Kalau dulukan pengelolaannya minim sekali air berkarat kuning, sering mati. Sekarang alhamdulillah air sudah jernih, pipa bocor segera ditangani dan airnya tidak kotor dan berkarat. Kita sangat setuju program pemerintah membantu 6500 MBR secara gratis. 6500 rumah tangga pra sejahtera kita berikan pemasangan gratis, tinggal biaya perbulannya. Mudah mudahan bisa makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (sar)

 

Baca Juga