Peduli Pers Herman Deru Hibahkan Mobil Operasional ke PWI Sumsel

PALEMBANG – SUNGGUH membanggakan, perhatian Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, SH, MM terhadap dunia pers, khususnya di Sumsel patut diacungi dua jempol.

Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini resmi menyerahkan hibah mobil operasional untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel. Dan penyerahan hibah kendaraan operasional untuk PWI Sumsel ini dikemas dalam acara Seminar Online atau Webinar Dialog Pers Nasional Bersama Gubernur Sumsel dalam rangka HUT ke-74 PWI dan HPN tahun 2020 yang digelar di Griya Agung Palembang, Kamis (6/8).

Dalam acara Dialog Pers Nasional bersama Gubernur Sumsel yang mengambil tema ‘Pers dan Pemda Membangkitkan Semangat Rakyat di Tengah Bencana’ menghadirkan dua nara sumber Ketua PWI Pusat H Atal S Depari dan Ketua Dewan Pers Prof Dr H Muhammad Nuh yang diwakili Agung Darmawijaya.

Mobil operasional itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, SPd, MSi dengan disaksikan Ketua PWI Pusat H Atal S Depari.

Atas kepedulian terhadap dunia pers, Gubernur Sumsel H Herman Deru pada acara tersebut diberikan penghargaan sebagai ‘Gubernur Peduli Pers’.

Penghargaan ini disampaikan oleh Ketua PWI Pusat Atal S Depari kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dengan disaksikan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh yang diwakili Ketua Komisi Hukum dan Perundangan-undangan, Agung Darmawijaya, dan Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, kegiatan ini merupakan solusi dari kegiatan HPN dan Porwada di Kota Lubuklinggau yang seyogianya digelar pada bulan April 2020 lalu.

Gubernur mengatakan, PWI merupakan perkumpulan wartawan baik media cetak, elektronik, dan media online yang memiliki tujuan menginformasikan suatu peristiwa ke publik.

Herman Deru mengingatkan agar insan pers dalam pemberitaan terkait virus Corona harus berimbang.Dalam arti kata, tidak hanya memberitakan jumlah pasien yang terjangkitnya saja. Namun harus juga diinformasikan mengenai jumlah kesembuhan dan cara pengendalian yang dilakukan pemerintah.

Dikatakan Herman Deru, informasi yang diberitakan oleh insan pers sangat berpengaruh dengan opini masyarakat.

“Corona itu ada tapi harus dicari solusinya, sehingga perekonomian masyarakat tidak terganggu,” kata Herman Deru.

Gubernur menegaskan, masyarakat masih percaya dengan wartawan yang tergabung dalam wadah PWI, sehingga diharapkan bisa menginformasikan yang berimbang.

Pada kesempatan itu, Herman Deru mengatakan, Provinsi Sumsel berdasarkan penilaian Bank Indonesia tertinggi pertumbuhan perekonomian di Sumatera dengan 4,9 persen.

Penilaian ini menurut Herman Deru, berkat adanya pemberitaan yang berimbang terkait pandemi Covid-19 yang diinformasikan wartawan yang tergabung dalam wadah PWI. “Maka dari itu pagi ini saya mengucapkan terima kasih kepada PWI,” kata Herman Deru.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengatakan, kegiatan webinar dialog pers nasional sangat memungkinkan digelar di tengah pandemi Covid-19.

Ini setelah kegiatan HPN dan Porwada di Kota Lubuklinggau batal digelar karena pandemi Covid-19. Dikatakannya, kegiatan ini dapat diartikan jika pers dan Pemda memiliki dua sisi berbeda, namun memiliki tujuan yang sama.

Firdaus mengatakan, digelarnya webinar dialog pers nasional ini menegaskan jika PWI yang lahir pada 9 Februari 1946, satu-satunya organisasi yang hadir setelah kemerdekaan RI.

Tujuan lain dari kegiatan webinar dialog pers nasional ini untuk mensinergikan dan soliditas dalam mencegah pandemi Covid-19.

Firdaus mengatakan, pada kesempatan ini Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima penghargaan sebagai ‘Gubernur Peduli Kemajuan Pers’.

Kepedulian Gubernur Sumsel terhadap kemajuan pers, salah satunya dengan memberikan hibah mobil operasional untuk PWI Sumsel.

Adapun peserta dari webinar Dialog Pers Nasional Bersama Gubernur Sumsel ini terdiri dari insan pers di Sumsel, pejabat publik, akademisi, dan tokoh masyarakat.

Sedangkan yang hadir pada acara ini Ketua DPRD Sumsel, Perwakilan Pangdam II Sriwijaya, perwakilan Kapolda Sumsel, dan pejabat Pemprov Sumsel seperti Assiten Adminitrasi dan Umum, Kepala Dinas Kominfo dan Informatika, Kepala Dinas Kesehatan.

Kepala Pelaksana BPBD, Kasat Pol PP, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan, Kepala Biro Humas dan Hb Protokol, TGUPP Bidang Media, TGUPP Bidang Pemerintahan. (ril)


[irp]

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan