Herman Deru Instruksikan Bupati-Walikota Aktifkan Pramuka Secara Optimal

PALEMBANG, – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengistruksikan Bupati dan Walikota di Sumsel untuk mengaktifkan kembali kegiatan pramuka secara optimal mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkar perguruan tinggi.

Hal itu ditegaskan Herman Deru usai menjadi Pembina Upacara HUT Pramuka ke-59 di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (19/8).

Herman Deru mengatakan, di dorongnya pramuka untuk lebih diaktifkan kembali di sekolah mengingat kegiatan tersebut dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian kepada sesama melalui Dasa Darma Pramuka.

“Untuk itu saya instruksikan kepada Bupati-Walikota untuk mengaktifkan kembali gerakan pramuka di sekolah mulai dari sekolah dasar dan selanjutnya sampai dengan mahasiswa,” kata HD.

Menurutnya, jiwa kepramukaan harus ditanamkan sejak dini melalui Dasa Darma dan kegiatan gerakan pramuka lainnya.

“Pramuka dapat menumbuhkan rasa musyawarah, disiplin, dan beretika yang memang telah ditanamkan sejak kecil. Dengan kegiatan pramuka tersebut, maka dapat mendorong rasa kepedulian dan saling menghargai tersebut,” tuturnya.

Sebab itu, melalui instruksinya tersebut dia berharap Bupati-Walikota di Sumsel dapat membuat kegiatan positif dan menghidupkan lagi bumi perkemahan di kabupaten dan kota di Sumsel.

“Pramuka ini harus hidup kembali dan dikelola dengan baik sehingga dapat menghasilkan penerua bangsa yang berkualitas. Kemajuan bangsa kedepannya ditentukan oleh para penerus bangsa saat ini,” terangnya.

Dijelaskannya, pramuka sendiri merupakan bentuk jiwa. Dimana rasa kebersamaan dan kepedulian seseorang dapat ditempah melalui pramuka.

“Jiwa ksatria, jiwa disiplin, jiwa melayani, jiwa bermusyawarah itu ada dalam diri pramuka. Jadi pramuka tidak hanya identik dengan atributnya saja namun juga penanaman jiwanya,” bebernya.

Rangkaian kegiatan HUT Pramuka ke 59 tersebut diwarnai dengan pemberian penghargaan Lencana Darma Bakti dan Lencana Panca Warsa kepada sejumlah pihak atas kontribusinya terhadap kemajuan pramuka.

Seperti Bupati Banyuasin Askonlani. Dimana Askolani yang juga merupakan Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Banyuasin mendapatkan penghargaan Lencana Darma Bakti. Penghargaan tersebut juga diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Diketahui, Penghargaan Lencana Darma Bakti tersebut diberikan untuk seseorang yang telah berjuang dan memberikan tenaga, pikiran, dana serta fasilitas yang cukup besar dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Sementara penghargaan Lencana Panca Warsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka, selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.(Rilis Humas Pemprov)


 

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan